Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan aktualisasi pramuka pra siaga dan proses pembinaannya dalam perspektif pendidikan karakter bangsa. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualititif dengan pendekatan kepustakaan. Metode pengumpukan data menggunakan: kajian pustaka dalam bentuk hasil penelitian, journal, skripsi, thesis, desertasi dan buku-buku ilmiah lainnya yang berkaitan dengan materi yang diteliti. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis kualitatif terdiri dari 4 langkah yaitu: pengumpuan data, reduksi data, display data dan verifikasi data. Hasil penelitian ; berdasarkan hasil kajian buku-buku reverensi ditemukan bahwa: hingga saat ini pramuka pra siaga masih sebatas wacana, hingga saat ini belum ada aturan /paying hokum pramuka pra siaga, ada beberapa PAUD di jawa tengah yang melakukan latihan pramuka pra siaga, latihannya dilakukan oleh guru PAUD tersendiri, seragamnya masih menggunakan seragam sekolah PAUD amsing-masing, bentuk kegiatannya bercerita, menyanyi, tepuk dan bermain, Belum ada upacara pembukaan dan penutupan pramuka pra siaga, sarana dan prasarana menggunakan yang tersedia di PAUd masing-masing, waktu latihan integrasi dengan jadwal di PAUD. Simpulannya bahwa pramuka pra siaga perlu segera memiliki paying hokum karena sangat mendukung pembentukan akhlak dan karakter anak PAUD.
Copyrights © 2019