Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipeNumbered Heads Together terhadap prestasi belajar matematika siswa pada kelas X SMA Negeri 1 Nguter Sukoharjo Tahun Ajaran 2017/2018. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen sederhana.Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Nguter Sukoharjo dengan jumlah 257 siswa. Dengan teknik cluster random sampling diperoleh dua kelas sebagai sampel yaitu X IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan X IPS 1 sebagai kelas kontrol.Pada pengujian hipotesis menggunakn uji t, diperoleh hasil thitung = 4,618 > ttabel = 2,296, dengan maka H0 ditolak. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together terhadap prestasi belajar matematika siswa pokok bahasan triginometri kelas X SMA Negeri 1 Nguter Sukoharjo Tahun Ajaran 2017/2018.
Copyrights © 2019