Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar matematika melalui model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) pada siswa kelas VII H SMP Negeri 1 Bendosari semester I tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan di kelas VII HSMP Negeri 1 Bendosari semester I tahun pelajaran 2015/ 2016 yang berjumah 32 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Tahap-tahap analisis data dalam penelitian ini adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Indikator keberhasilan adalah nilai rata-rata tes siswa sekurang-kurangnya 80,0 dan banyak siswa dengan nilai di atas kriteria ketuntasan minimal (KKM) yaitu 70,0 mencapai ? 85%.Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) dapat meningkatkan prestasi belajar matematika pada siswa Kelas VII H semester I SMP Negeri 1 Bendosari tahun pelajaran 2015/2016. Hal ini dapat ditunjukan dengan meningkatnya nilai matematika siswa dari 71,2 meningkat menjadi 80,2? 80,00 dan persentase ketuntasan belajar siswa dari 62,5% meningkat menjadi 93,75% ? 85%.
Copyrights © 2019