Jurnal Pendidikan
Vol 28 No 3 (2019): November

Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika dengan Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR)

Surono, . (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Jan 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar matematika melalui model pembelajaran Auditory Intellectually  Repetition (AIR) pada siswa kelas VII H SMP Negeri 1 Bendosari semester I tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan di kelas VII HSMP Negeri 1 Bendosari semester I tahun pelajaran 2015/ 2016 yang berjumah 32 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Tahap-tahap analisis data dalam penelitian ini adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Indikator keberhasilan adalah nilai rata-rata tes siswa sekurang-kurangnya 80,0 dan banyak siswa dengan nilai di atas kriteria ketuntasan minimal (KKM) yaitu 70,0 mencapai ? 85%.Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) dapat meningkatkan prestasi belajar matematika pada siswa Kelas VII H semester I SMP Negeri 1 Bendosari tahun pelajaran 2015/2016. Hal ini dapat ditunjukan dengan meningkatnya nilai matematika siswa dari 71,2 meningkat menjadi 80,2? 80,00 dan persentase ketuntasan belajar siswa dari 62,5% meningkat menjadi 93,75% ? 85%.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jp

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan merupakan jurnal ilmiah yang memuat dan menyebarluaskan hasil penelitian, kajian mendalam, dan gagasan atau karya inovatif di bidang pendidikan. Karya inovatif para guru dan dosen pembangunan sektor pendidikan yang mampu memberikan kontribusi positif bagi sekolah dan institusi ...