Jurnal Pendidikan
Vol 29 No 3 (2020): November

Meningkatkan Hasil Belajar Handstand Dalam Pembelajaran Penjasorkes Melalui Media Audio Visual Pada Siswa Kelas XI MM2 SMK N 1Miri Kabupaten Sragen Semester 1 Tahun Pelajaran 2019/2020

miya, kusmiyati (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2020

Abstract

Abstrak:Handstand merupakan salah satu materi senam lantai yang diajarkan di sekolah Menengah Kejuruan. Akan tetapi, kenyataannya dalam proses pembelpelajaran belum terlaksana secara optimal dikarenakan  siswa kurang jelas dalam menerima materi dari guru, dan merasa contoh gerakan yang diberikan terlalu cepat sehingga siswa kesulitan dalam memahami materi.  Data dari pengamatan psikomotor diperoleh hasil pada waktu setelah perlakuan mencapai 75% (cukup baik).  Data hasil pengamatan afektif pada waktu setelah perlakuan mencapai 77%(cukup baik) pada siklus II mengalami peningkatan mencapai 84% (baik), setelah dianalisis dengan rumus Hake’s Normalized Gain dan mengalami peningkatan sebesar 0,3 dengan kriteria sedang. Dari hasil pemahaman siswa (kognitif) pada siklus I mencapai 79% (kualifikasi cukup) pada siklus II mengalami peningkatan mencapai 87%% ( baik), setelah dianalisis dengan rumus Hake’s Normalized Gain dan mengalami peningkatan sebesar 0,3 dengan kriteria sedang. Berdasarkan dari hasil penelitian diatas, disimpulkan bahwa pembelpelajaran dengan menggunakan media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar handstand  siswa.  Oleh  karena  itu  diharapkan  bagi  guru  penjasorkes  di  SMK Negeri 1 Miri dapat menggunakan media audio visual dalam pembelpelajaran handstand.  Pembelpelajaran  dengan  mengunakan  media  audio  visual  juga  dapat dijadikan alternatif sistem pengpelajaran agar suasana pembelpelajaran selalu menyenangkan sesuai tujuan dalam pembelpelajaran PAIKEM.Kata Kunci: Media, Audio Visual, pembelajaraan. 

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jp

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan merupakan jurnal ilmiah yang memuat dan menyebarluaskan hasil penelitian, kajian mendalam, dan gagasan atau karya inovatif di bidang pendidikan. Karya inovatif para guru dan dosen pembangunan sektor pendidikan yang mampu memberikan kontribusi positif bagi sekolah dan institusi ...