Abstrak : Penelitian ini dilakukan kepada peserta didik kelas VII H SMP MTA Gemolong Kabupaten Sragen Semester I Tahun Pelajaran 2019/2020. Adapun metode pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Metode eksperimen memiliki kelebihan memberi kesempatan kepada peserta didik untuk memahami konsep dengan cara melakukan percobaan/ eksperimen sehingga membuat peserta didik aktif dalam pembelajaran. Peserta didik mengalami secara langsung dalam menemukan konsep sehingga dalam pembelajaran ini seakan memberi keleluasaan kepada peserta didik untuk mencari pemahamannya sendiri dengan cara mengumpulkan data, menganalisis data, membangun hipotesis, dan percobaan untuk menarik kesimpulan. Hasil Penelitian Tindakan Kelas ini yaitu hasil rerata skor keaktifan peserta didik kondisi awal 53.13%, pada siklus I meningkat menjadi 70.00%, pada siklus II meningkat menjadi menjadi 76.25%, sehingga terjadi peningkatan sebesar 6.25%. Sedangkan rerata hasil belajar pada kondisi awal 67.19, pada Siklus I mengalami peningkatan menjadi 72.25, dan pada Siklus II Rerata menjadi 76,41, sehingga terjadi peningkatan rerata sebesar 4.16.Hasil penelitian menyatakan bahwa penerapan metode eksperimen dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar IPA pada peserta didik kelas VII H SMP MTA Gemolong Kabupaten Sragen Semester I Tahun Pelajaran 2019/2020. Kata Kunci : Metode Eksperimen, Keaktifan Belajar dan Hasil Belajar.
Copyrights © 2020