Jurnal Pendidikan
Vol 29 No 3 (2020): November

Penerapan Model Pembelajaran Index Card Match untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Siswa Kelas IV SD Negeri Serut 02

Kurniawan, Roni (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2020

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar Pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan dengan model pembelajaran kooperatif tipe ICM pada siswa kelas IV SD Negeri Serut 02 semester I tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas yang meliputi perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa IV SD Negeri Serut 02 semester I tahun pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 8 siswa. Objek penelitian ini adalah prestasi belajar pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan siswa melalui model pembelajaran Index Card Match. Data dikumpulkan dengan menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif komparatif dengan persentase. Penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Index Card Match dapat meningkatkan prestasi belajar pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan siswa hal ini ditujukkan dengan skor awal rata- rata prestasi belajar pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan siswa keadaan awal 73,12 meningkat pada siklus II menjadi 83,75. Dari segi persentase ketuntasan belajar siswa, keadaan awal 50% meningkat pada siklus II menjadi 100%.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jp

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan merupakan jurnal ilmiah yang memuat dan menyebarluaskan hasil penelitian, kajian mendalam, dan gagasan atau karya inovatif di bidang pendidikan. Karya inovatif para guru dan dosen pembangunan sektor pendidikan yang mampu memberikan kontribusi positif bagi sekolah dan institusi ...