Jurnal Pendidikan
Vol. 30 No. 1 (2021): March

Dampak Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Covid-19 di SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo

Salma Rahma Chrisya Adriani (Unknown)
Sinung Khoirot (Unknown)
Dr. Sawitri, S.Sn., M.Hum (Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo)
Nurjanah Nurjanah (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Mar 2021

Abstract

Penyebaran Covid-19 di Indonesia yang semakin meluas dan memakan banyak korban. Salah satu upaya pemerintah untuk mengurangi penyebaran virus ini adalah membuat kebijakan bagi para pelajar di seluruh Indonesia untuk belajar di rumah tetapi pembelajaran tetap terus berjalan yakni dengan cara pengajar dan peserta didik menggunakan media daring atau online, pembelajaran tatap muka harus diubah menjadi pembelajaran online dan proses pembelajaran dilakukan dengan menggunakan Microsoft Office 365. Penelitian ini bertujuan mengetahui dampak apa yang terjadi dalam Pembelajaran Jarak Jauh pada masa Pandemi Covid-19 di SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo. Selain itu penelitian ini bermanfaat untuk mengetahui tanggapan dari para siswa SMK Muhammadiyah 1 Sukoahrjo dalam hal proses pengajaran yang diterapkan semenjak pandemi ini. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif eksploratif dengan pendekatan perspektif. Hasil dari penelitian ini dapat diketahui banyak sekali dampak yang diperoleh baik teknis maupun guru mengetahui bahwa siswa kurang puas, siswa kurang puas dengan metode PJJ yang mereka gunakan saat ini, dan guru juga kurang puas dengan kemampuan guru menyampaikan materi ke siswa. Kata-kata Kunci: dampak pembelajaran jarak jauh, pembelajaran daring, covid-19.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jp

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan merupakan jurnal ilmiah yang memuat dan menyebarluaskan hasil penelitian, kajian mendalam, dan gagasan atau karya inovatif di bidang pendidikan. Karya inovatif para guru dan dosen pembangunan sektor pendidikan yang mampu memberikan kontribusi positif bagi sekolah dan institusi ...