Jurnal Pendidikan
Vol 30 No 1 (2021): March

Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Peduli Terhadap Makhluk Hidup Melalui Model Example Non Example Kelas IV SDN Telukan 03 Sukoharjo Semester 1 Tahun Pelajaran 2019/2020

Marwiki, Tutik (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Mar 2021

Abstract

Melihat kondisi di SDN Telukan 03 Sukoharjo, terutama pada siswa kelas IV mata pelajaran IPA Peduli terhadap makhluk hidup kondisi diawal guru menggunakan metode mengajar klasikal dengan ceramah dan guru sebagai fokus pembelajarannya. hasilnya, dalam tes evaluasi ternyata sebanyak 42% dari 5 siswa atau 12 siswa masih mendapatkan nilai di bawah kriteria ketuntasan yang ditetapkan yaitu 70. sedangkan rata-rata kelas yaitu 67. nilai tertinggi yang diraih siswa baru 80 dengan 40 sebagai nilai terendah, dan masih jauh dari kriteria kentuntasan yang ditetapkan guru diawal pembelajaran. Penelitian dilakukan di SDN Telukan 03 Sukoharjo Waktu penelitian selama 5 bulan yaitu dari Agustus 2019  sampai dengan Desember 2019. Data penelitian diperoleh dari ulangan harian siswa dari kondisi awal, siklus 1 dan siklus 2. Data hasil observasi berupa pengamatan baik pengamatan pada siswa maupun guru dalam penggunakan model example non example mata pelajaran IPA Materi Peduli Terhadap Makhluk Hidup. Sumber data penelitian menggunakan data primer dan data sekunder, pengumpulan data dilakukan melalui pengamatan langsung, tes dan dokumen. Hasil penelitian diketahui bahwa “Model pembelajaran example non example terbukti meningkatkan hasil belajar IPA Materi Peduli terhadap Makhluk Hidup Siswa Kelas IV SDN Telukan 03 Sukoharjo Semester 1  Tahun Pelajaran 2019/2020”. Persentase tuntas belajar klasikal pada kondisi awal 52%,  menjadi 100% terjadi peningkatan siklus 2 sebesar 48%.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jp

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan merupakan jurnal ilmiah yang memuat dan menyebarluaskan hasil penelitian, kajian mendalam, dan gagasan atau karya inovatif di bidang pendidikan. Karya inovatif para guru dan dosen pembangunan sektor pendidikan yang mampu memberikan kontribusi positif bagi sekolah dan institusi ...