Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran IPA meningkatkan aktivitas guru dalam pembelajaran IPA Meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA dengan metode demensi demonstrasi eksperimen dan diskusi bagi siswa kelas 5 SD Negeri Gupit 02 Nguter. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas V SD Negeri Gupit 02 Nguter sebanyak 20 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui metode demensi (demonstrasi, eksperimen dan diskusi) dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA di kelas V SD Negeri 02 Gupit, Nguter. Hal tersebut dapat dilihat dengan adanya peningkatan aktivitas siswa dalam pembelajaran dari siklus I mendapat skor rata-rata 27,2 dengan kriteria baik dan siklus II mendapat skor rata-rata 3,15 dengan kriteria baik. Aktivitas guru dalam pembelajaran siklus I menunjukkan skor rata-rata 3,62 dengan kriteria sangat baik dan siklus II dengan skor 3,75 dengan kriteria sangat baik. Hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA mengalami peningkatan dengan rata-rata nilai dari siklus I sebesar 72, 17 dan siklus 2 sebesar 80,00. Sedangkan untuk pencapaian ketuntasan Individual siklus I sebesar 53,33 % dan siklus II sebesar 83,33 %
Copyrights © 2021