Jurnal Pendidikan
Vol 32 No 1 (2023): March

Differentiated Learning in Constructivism Theory on The Entrepreneurship Projects

S.Sos, Iswahyudi (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Mar 2023

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk memberikan gambaran tentang penerapan teori konstruktivisme yang terkait dengan pembelajaran berdiferensiasi berbasis proyek di SMAN 1 Banyudono. Jenis penelitian deskriptif dengan metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi serta wawancara. Subjek penelitian meliputi kepala sekolah, guru mata pelajaran kelas X2 dan siswa kelas X2 sebanyak 36 siswa.  Hasil dari penelitian ini, siswa dapat mengkonstruksikan pemahamannya melalui pembelajaran berdiferensiasi berbasis proyek kewirausahaan. Metode pembelajaran berbasis proyek memberikan kesempatan siswa untuk mengembangkan kemampuan diri dengan menghasilkan sebuah produk berupa makanan maupun kerajinan. Siswa berperan sebagai subjek utama didalam pengembangan kurikulum, sedangkan guru sebagai fasilitator yang demokratis. Konsep “belajar dengan melakukan”, kemudian berkembang menjadi salah satu jenis pembelajaran yaitu “pembelajaran berbasis penyelesaian masalah”. Kesimpulan dari penelitian ini adalah melalui penerapan teori konstruktivisme dalam pembelajaran berdiferensiasi berbasis proyek di SMAN 1 Banyudono, membina pemahaman pengetahuan siswa secara mandiri dari pengalaman pembelajaran proyek yang mereka kerjakan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jp

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan merupakan jurnal ilmiah yang memuat dan menyebarluaskan hasil penelitian, kajian mendalam, dan gagasan atau karya inovatif di bidang pendidikan. Karya inovatif para guru dan dosen pembangunan sektor pendidikan yang mampu memberikan kontribusi positif bagi sekolah dan institusi ...