Muria Jurnal Layanan Masyarakat
Vol 6, No 1 (2024): Maret 2024

Pelatihan Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis “Critical Thinking” Bagi Guru-Guru Bahasa Inggris SMP Negeri 6 Blora

Achmad Hilal Madjdi (Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muria Kudus, Kudus)
Muh Syafei (Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muria Kudus, Kudus)
Agung Dwi Nurcahyo (Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muria Kudus, Kudus)
Atik Rokhayani (Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muria Kudus, Kudus)



Article Info

Publish Date
29 Mar 2024

Abstract

Merujuk pada hasil survei Programme of International Student Assessment (PISA) yang dilaksanakan pada tahun 2018, kemampuan literasi dan numerasi para siswa Indonesia berada pada posisi lebih rendah dibandingkan dengan siswa di negara-negara lain. Posisi Indonesia pada tahun 2018 untuk membaca berada di peringkat 72 dari 77 negara, dan sains berada di peringkat 70 dari 78 negara (OECD, 2018).  Melihat tingkat literasi yang rendah dari para siswa di Indonesia, maka harus ada upaya yang terus menerus untuk meningkatkan literasi mereka, mengingat literasi menjadi tuntutan bagi para siswa/peserta didik untuk memenuhi kualifikasi kompetensi di abad 21 ini. Saat ini Kemendikbudristek telah mencanangkan penggunaan Kurikulum Merdeka pada satuan-satuan pendidikan di Indonesia. Pengembangan literasi menjadi salah satu fokus dan perhatian pada kurikulum ini sedikit banyak telah mendorong para peneliti, guru dan praktisi pendidikan untuk melakukan eksplorasi keilmuan dalam mengembangkan berbagai model pembelajaran yang menyenangkan, sesuai dengan ragam karakteristik peserta didik dan mampu memacu mereka untuk mengembangkan literasi. Oleh karena itulah, kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pelatihan dan pendampingan para guru Bahasa Inggris di SMP Negeri 6 Blora untuk mengembangkan Model Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis “Critical Thinking”.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

mjlm

Publisher

Subject

Humanities Education Environmental Science Social Sciences

Description

Diterbitkan sebagai media publikasi dan desiminasi hasil penelitian dan karya ilmiah hasil pengabdian kepada masyarakat untuk memperkaya khasanah keilmuan pendidikan menuju tercapainya generasi emas Indonesia. Muria Jurnal Layanan Masyarakat merupakan jurnal yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian ...