Kepuasan pasien merupakan perbandingan antara harapan pasien terhadap pelayanan yang didapat dengan keadaan asli. Pasien sebagai konsumen akan mengukur kualitas pelayanan dari hasil penilaian kinerja yang diberikan dengan yang diterima konsumen dari penyedia jasa. Fasilitas merupakan hal penunjang dalam proses pelayanan kesehatan agar timbul rasa nyaman pasien saat menggunakan dan melakukan aktifitas di Puskesmas. lokasi merupakan salah satu faktor penting dalam hal bauran pemasaran, jika suatu penyedia layanan berhasil mendapatkan lokasi yang strategis maka akan menjadi suatu ancaman bagi pesaing. Maka penelitian ini bertujuan untuk mengetaui Pengaruh Kualitas Pelayanan,Fasilitas dan Lokasi terhadap Kepuasan Pasien UPTD Puskesmas Margomulyo. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang dikuantitatifkan serta data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Hasil penelitian berdasarkan hasil uji F diketahui bahwa terdapat pengaruh simultan secara signifikan antara Kualitas Pelayanan (X1),Fasilitas (X2) dan Lokasi (X3) terhadap Kepuasan Pasien (Y). Serta berdasarkan hasil uji t diketahui bahwa hanya Kualitas Pelayanan (X1), dan Lokasi (X3) berpengaruh parsial secara signifikan terhadap Kepuasan Pasien (Y). Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Fasilitas, Lokasi, Kepuasan Pasien
Copyrights © 2024