Guru mata pelajaran (MP) selain disyaratkan memiliki manajemen juga dituntut pula memiliki aneka kompetensi pribadi yang disebut Inteligenti Quotient (IQ), Emotional Quotient (EQ), dan Emptional Spiritual Quotient (ESQ). Ketiga potensi kepribadian ini sangat diperlukan khususnya bagi Guru MP sebagai pemimpin, khususnya di depan kelas yang sangat rawan dengan urusan moral. Oleh karenanya, urusan potensi pribadi perlu mendapatkan perhatian serius dalam semua kegiatan. Dalam hal ini, guru MP berhubungan erat dengan pengembangan potensi tersebut untuk meningkatkan kesuksesan dalam meraih cita-cita dan berperilaku yang tulus ikhlas dan memiliki keterbukaan. Adanya tuntutan menanamkan materi ajar sebagai bidang yang menjadi tugas dan kewenangannya di masyarakat (madrasah) ke sehariannya memiliki amanah untuk mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, menerampilkan, mengevaluasi, dan menilai peserta didik. Guru MP dalam konsep Islam adalah pemimpin yang di dalamnya melekat fungsinya sebagai abdullah dan khalifah di bumi. Itu menuntut adanya kompetensi yang utuh. Untuk itu, sangat diperlukan adanya integrasi IQ, Eq, dan SQ.
Copyrights © 2013