Penelitian ini mengangkat permasalahan 1) bagaimana prinsip kesantunan berbahasa yang digunakan peserta didik dalam interaksi peserta didik di SMA Negeri 1 Lemito Kecamatan Lemito Kabupaten Pohuwato. 2) bagaimana skala kesantunan berbahasa dalam interaksi peserta didik di SMA Negeri 1 Lemito Kecamatan Lemito Kabupaten Pohuwato. Tujuan penelitian adalah 1) mendeskripsikan prinsip kesantunan berbahasa yang digunakan peserta didik di SMA Negeri 1 Lemito Kecamatan Lemito Kabupaten Pohuwato. 2) mendeskripsikan skala kesantunan berbahasa dalam interaksi peserta didik di SMA Negeri 1 Lemito Kecamatan Lemito Kabupaten Pohuwato. Penelitian ini termasuk kedalam jenis deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik observasi, teknik wawancara dan teknik simak bebas libat cakap. Berdasarkan hasil penelitian yang ditemukan terdapat 6 prinsip kesantunan berbahasa dan 5 skala kesantunan berbahasa dalam interaksi peserta didik telah memenuhi ketentuannya.
Copyrights © 2023