Jurnal Teknologi Pendidikan
Vol 17, No 1 (2024): April - Jurnal Teknologi Pendidikan

PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA KELAS IV SD NEGERI KECAMATAN SEI KEPAYANG BARAT

Zulkifli . (Unknown)
Ayi Darmana (Unknown)
Endang Wahyuningrum (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Apr 2024

Abstract

Abstract: This research aims to analyze the influence of the guided inquiry learning model on students' mathematical critical and creative thinking abilities. This research problem focuses on the effect of applying the guided inquiry model on the mathematical critical and creative thinking abilities of fourth grade elementary school students compared to applying the direct learning model. The research was conducted on fourth grade students at SD Negeri 010015 Sei Serindan, Kecamatan Sei Kepayang Barat, with a research sample of 2 classes determined using the cluster random sampling technique. The research instrument tests students' critical thinking and creative mathematical thinking skills in the form of essays. The research data were analyzed using the one-way MANOVA technique. The results of the research show that: (1) there is an influence of the guided inquiry learning model on students' mathematical critical thinking abilities; (2) there is an influence of the guided inquiry learning model on students' mathematical creative thinking abilities; and (3) there is an influence of the guided inquiry learning model simultaneously on students' critical thinking and creative mathematical thinking abilities. Keywords: Guided Inquiry, Critical Thinking, Creative Thinking, Mathematics. Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh media pembelajaran berbasis inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir kritis dan kreatif matematis siswa. Masalah penelitin ini difokuskan pada pengaruh penerapan media berbasis inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir kritis dan kreatif matematis siswa dibandingkan dengan penerapan model pembelajaran langsung. Penelitian dilakukan pada siswa kelas IV SD Negeri 010015 Sei Serindan, dengan sampel penelitian sebanyak 2 kelas yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling. Intrumen penelitian tes kemampuan berpikir kritis dan berpikir kreatif matematis siswa dalam bentuk uraian (essai). Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan teknik MANOVA satu jalur. Hasil penelitian disimpulkan bahwa: (1) terdapat pengaruh media pembelajaran berbasis inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa; (2) terdapat pengaruh media pembelajaran berbasis inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa; dan (3) terdapat pengaruh media pembelajaran berbasis inkuiri terbimbing secara simultan terhadap kemampuan berpikir kritis dan berpikir kreatif matematis siswa. Kata Kunci: Media, Inkuiri Terbimbing, Berpikir Kritis, Berpikir Kreatif, Matematika

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jtp

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP) merupakan jurnal ilmiah yang memuat dan menyebarluaskan hasil-hasil penelitian, kajian ilmiah dan pengembangan teknologi pendidikan yang memberi kontribusi pada pemahaman, pengembangan teori dan konsep keilmuan, serta aplikasinya terhadap pendidikan dan pembelajaran ...