Pesatnya angka pertumbuhan pengguna sosial media membuka peluang munculnya alternatif baru dalam cara memasarkan produk dengan menggunakan jaringan internet yang biasa juga disebut sebagai digital marketing. Pengenalan merek dan kepercayaan pelanggan dapat ditingkatkan melalui penggunaan media sosial, yang juga membantu memperkuat ikatan antara bisnis dan pelanggan mereka. Semakin banyak, bisnis menggunakan strategi pemasaran viral, termasuk oleh salah satu brand yang bergerak di bidang dessert yaitu brand x yang baru saja meluncurkan produk baru bernama cookie bomb. Brand x berfokus untuk membuat konten yang membuat audiens tertarik untuk membeli produk serta berhasil memancing konsumen membagikan konten terkait pengalamannya dengan produk cookie bomb dengan mengadakan trend cookie bomb challenge. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan mendeskripsikan pendekatan viral marketing yang diterapkan oleh brand dessert di media sosial, khususnya TikTok. Ini juga menggunakan metode ini untuk menjelaskan bagaimana komunikasi pemasaran dapat memperoleh manfaat dari pemasaran viral. Studi kasus digunakan untuk melakukan penelitian kualitatif deskriptif. Informasi dikumpulkan melalui pengamatan yang cermat. Menurut temuan penelitian, ada beberapa komponen kunci untuk kampanye pemasaran viral yang sukses, yaitu kualitas konten yang diunggah, waktu unggah, kolaborasi, membangun hubungan baik dengan audiens, serta mendorong konsumen untuk membagikan pengalamannya melalui konten TikTok.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024