Revolusi industri 4.0 telah mendorong perkembangan teknologi yang diantaranya perubahan sistem pembayaran tunai menjadi sistem pembayaran non tunai. DANA merupakan salah satu metode pembayaran secara non tunai yang sedang bertumbuh pesat dalam waktu 3 tahun terakhir. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh diferensiasi dan promosi penjualan terhadap keputusan pembelian. Penelitian dilaksanakan di kota Bogor dengn jumlah populasi sebanyak 1.048.610 Jenis sampel yang akan digunakan berupa simple random sampling dan responden yang dijadikan sample berjumlah 85 orang. Data dikumpulkan menggunakan instrumen kuisioner yang kemudian dilakukan uji validitas dan reliabilitas. Teknik analisa yang dilakukan dengan regresi linear berganda, koefisien korelasi berganda, koefisien determinasi dan pengujian hipotesis menggunakan uji F dan uji t. Hasil pengujian menunjukan bahwa diferensiasi dan promosi penjualan secara simultan mempunyai pengaruh terhadap keputusan pembelian dengan dompet digital DANA. Faktor dominan yang memiliki pengaruh positif dan signifikan adalah diferensiasi, karena nilai signifikannya lebih besar jika dibandingkan dengan promosi penjualan. Oleh karena itu, penulis menyarankan agar dompet digital DANA dapat senantiasa memberparui fitur dan style yang lebih lengkap dan mudah dipahami oleh penggunanya sebagai upaya diferensiasi agar bisa lebih diterima dibandingkan dompet digital lain.
Copyrights © 2022