Di era komputer dan internet saat ini, teknologi informasi telah menjadi bagian penting dari kehidupan sehari-hari orang, termasuk dalam pekerjaan, pendidikan, dan aktivitas lainnya. Para pelaku bisnis saat ini sedang ramai membahas tentang sistem penjualan online atau yang biasa disebut dengan toko online, karena persaingan yang semakin ketat membuat para pelaku bisnis memutar otak untuk bisa menghadapi para kompetitornya. Selain itu para pelaku usaha berharap dapat menjalankan kegiatan usahanya dimana saja dan kapan saja, bagi konsumen ekonomi kreatif online ini merupakan wujud upaya mencapai pembangunan berkelanjutan yang berdaya saing dan mempunyai cadangan sumber daya terkini dengan menjadikan kreativitas sebagai yang utama. faktor produksi. Sektor kuliner merupakan salah satu kawasan ekonomi kreatif yang saat ini cukup berkembang. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan ekonomi kreatif pada UMKM Desa X. Sektor UMKM yang merupakan bagian terpenting dalam sektor perekonomian ikut merasakan dampaknya. Hal ini menjadi kekhawatiran semua pihak karena menyebabkan sektor UMKM mengalami kemunduran yang signifikan. Pemasaran produk UMKM Desa menggunakan teknologi digital dan ekonomi kreatif, seperti e-commerce atau media sosial, sebagai pemasaran digital. Pada artikel kali ini topik utamanya adalah “Strategi Pengembangan dan Peningkatan di Era Digital”. Dengan demikian, akan terlihat jelas bahwa pengembangan UMKM berbasis digital di Desa X bertumpu pada teknologi digital dan ekonomi. Untuk mampu bersaing di ranah digital, pengembangan UMKM berbasis digital di Desa X harus memperhatikan banyak hal, terutama konten kreatif.
Copyrights © 2023