Neraca: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi
Vol. 2 No. 11 (2024): Neraca: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi

MENDEKONSTRUKSI KEPUASAN PELANGGAN MAXIM: PERSPEKTIF LAYANAN, WOM, DAN KEPERCAYAAN

Adi Kurniawan (Universitas Semarang)
Andhy Tri Adriyanto (Universitas Semarang)



Article Info

Publish Date
01 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan menganalisis pengaruh E- Service Quality, Word Of Mouth dan Kepercayaan terhadap Kepuasan Konsumen pada pengguna Maxim di Kota Semarang. Variabel terikat yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu Kepuasan Konsumen (Y), sedangkan variabel bebas yang digunakan, yaitu E-Service Quality (X1), Word Of Mouth (X2) , Kepercayaan (X3). Sampel pada penelitian ini sebanyak 96 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling dengan kriteria responden masyarakat khususnya Kota Semarang yang pernah menggunakan Jasa Transportasi Online Maxim minimal 1 kali dan usia minimal 18 tahun, Pada penelitian ini menggunakan program SPSS versi 26. Metode analisis yang digunakan adalah Analisis Regresi Berganda, dari Hasil analisis menunjukkan bahwa variabel E-Service Quality berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan konsumen, variabel Word Of Mouth berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Konsumen, dan variabel Kepercayaan berpengaruh positif signifikan terhadap Kepuasan Konsumen. Koefisien determinasi (R2) sebesar 0,578 yang berarti E-Service Quality, Word Of Mouth, dan Kepercayaan berpengaruh 57,8% terhadap Kepuasan Konsumen.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

neraca

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Neraca: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi, adalah jurnal nasional peer-review yang diterbitkan oleh Komunitas Menulis dan Meneliti (Kolibi). Neraca: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi membahas ekonomi dan bisnis dalam ruang lingkup yang luas. Tim redaksi menyambut baik seluruh masyarakat, ...