Neraca: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi
Vol. 2 No. 12 (2024): Neraca: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi

PENGARUH TRANSAKSI NON TUNAI TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR

Khaeruddin Khaeruddin (Universitas Negeri Makassar)
Muh Jamil (Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
05 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini berangkat dari permasalahan perilaku konsumtif mahasiswa Universitas Negeri Makassar yang disebabkan oleh penggunaan transaksi non tunai. Transaksi non tunai adalah metode pembayaran elektronik yang memungkinkan transaksi dilakukan dimana saja dan kapan saja. Kemudahan transaksi non tunai telah mengubah gaya hidup mahasiswa juga ikut berubah dan meningkatkan minat dalam berbelanja yang menjadi pemicu terjadinya perilaku konsumtif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh transaksi non tunai terhadap perilaku konsumtif mahasiswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini termasuk dalam penelitian asosiatif bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dua variabel. Hasil penemuan penelitian ini berdasarkan pengujian hipotesis yaitu Hasil uji parsial (uji t) menunjukkan signifikansi, dengan nilai t 0,00 < 0,05, dan nilai > yaitu 5,732 > 1,984. Sehingga ditolak dan diterima, menunjukkan bahwa transaksi non tunai memiliki pengaruh dan signifikan terhadap perilaku konsumtif mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Makassar, dan nilai korelasi (R) sebesar 25,5%. Variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini memiliki pengaruh 74,5% dari total. Oleh karena itu dengan adanya berbagai kemudahan fasilitas yang ditawarkan oleh layanan transaksi non tunai membuat mahasiswa FEB UNM menjadi konsumtif.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

neraca

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Neraca: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi, adalah jurnal nasional peer-review yang diterbitkan oleh Komunitas Menulis dan Meneliti (Kolibi). Neraca: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi membahas ekonomi dan bisnis dalam ruang lingkup yang luas. Tim redaksi menyambut baik seluruh masyarakat, ...