Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas penggunaan media video animasi dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas V di SD Negeri 169 Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas dengan dua siklus, yang mencakup perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Siklus I menunjukkan bahwa meskipun media video animasi mempengaruhi minat belajar siswa, hasilnya masih memerlukan perbaikan. Berdasarkan hasil refleksi, siklus II dioptimalkan dengan penyesuaian modul ajar dan media, yang kemudian menghasilkan peningkatan signifikan dalam minat dan keterlibatan siswa. Tanggapan siswa menunjukkan bahwa media video animasi membuat pembelajaran lebih menyenangkan, memudahkan pemahaman materi, dan meningkatkan konsentrasi serta semangat belajar. Penelitian ini mendukung temuan sebelumnya yang menunjukkan bahwa media animasi dapat secara positif mempengaruhi minat belajar siswa. Disarankan agar guru terus mengintegrasikan media animasi dalam pembelajaran, siswa memanfaatkan media ini untuk belajar mandiri, dan sekolah serta peneliti selanjutnya mempertimbangkan penggunaan teknologi pendidikan inovatif untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024