SAKOLA: Journal of Sains Cooperative Learning and Law
Vol 1, No 2 (2024): Oktober 2024

Pengembangan Media Smart Reading Board (Papan Baca Pintar) Untuk Membaca Permulaan Siswa Kelas I SD

Yunta Pau Abdah (Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya)
Yopa Taufik Saleh (Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya)
Alfadl Habibie (Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2024

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian yang berlatar belakang adanya masalah terkait dengan kemampuan membaca dan media pembelajaran. Masalah yang dihadapi adalah kemampuan membaca siswa masih rendah dan media pembelajaran disekolah masih kurang mendukung. Oleh karena itu, perlu adanya pengembangan media pembelajaran penelitian pengembangan Smart Reading Board. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan produk berupa Smart Reading Board (Papan Baca Pintar) dan menguji keefektifan media tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah RD (Research and Development) dengan desain penelitian yang dikemukakan oleh Borg and Gall yaitu dengan 10 tahap. Dari 10 tahap, peneliti hanya menggunakan 8 tahap yaitu (1) potensi dan masalah (2) pengumpulan data (3) Desain Produk (4) Validasi Desain (5) Revisi Desain (6) Ujicoba Produk (7) Revisi Produk (8) ujicoba pemakaian. Intrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah daftar pertanyaan wawancara dan angket, wawancara digunakan untuk menganalisis kebutuhan kepada guru kelas I SDN Sambongpermai, sedangkan angket digunakan untuk validasi Smart Reading Board. Hasil validasi pada media pembelajaran Smart Reading Board yang dilakukan oleh dosen ahli media dengan hasil validasi 4,46 dengan kategori “Sangat Baik” oleh dosen ahli materi dengan hasil validasi 5 dengan kategori “Sangat Baik” dengan nilai rata-rata hasil validasi ahli media dan ahli materi adalah sebesar 4,73 dengan kategori ‘Sangat Baik”. Ujicoba kelompok kecil memperoleh skor 24,3 dengan rata-rata 4,94 dengan kelayakan media “Sangat Baik” dan ujicoba kelompok besar memperoleh skor 54,1 dengan rata-rata 4,91 dengan kelayakan media “Sangat Baik” sehingga layak digunakan pada tahap ujicoba. Ujicoba dilakukan di SDN Sambongpermai dengan jumlah siswa sebanyak 28 siswa dengan hasil skor N-Gain di kelas eksperimen 0,95 atau 95% dengan kategori efektif. Maka dapat disimpulkan bahwa media Smart Reading Board efektif digunakan untuk membaca permulaaan kelas I SDN Sambongpermai.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

sakola

Publisher

Subject

Astronomy Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Mathematics

Description

SAKOLA: Journal of Sains Cooperative Learning and Law dengan nomor ISSN terdaftar 3046-787X (Cetak - Print) dan 3046-7179 (Online - Elektronik) adalah jurnal akses terbuka ilmiah yang diterbitkan oleh CV Rayyan Dwi Bharata. SAKOLA: Journal of Sains Cooperative Learning and Law bertujuan untuk ...