SAKOLA: Journal of Sains Cooperative Learning and Law
Vol 1, No 2 (2024): Oktober 2024

Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN Wanasari 1 Karawang

Azizah Nur Inayah (Universitas Singaperbangsa Karawang)
Astuti Darmiyanti (Universitas Singaperbangsa Karawang)
Yadi Fahmi (Universitas Singaperbangsa Karawang)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2024

Abstract

Penelitian ini terdiri dari dua variabel yakni pembelajaran kooperatif tipe make a match dan motivasi belajar peserta didik sehingga dengan demikian tujuan penelitian ini untuk menguraikan gambaran hasil pembelajaran kooperatif tipe make a match, motivasi belajar peserta didik, serta pengaruh keduanya dalam hubungan korelasional. Populasi dalam penelitian ini yakni  seluruh peserta didik di SDN Wanasari I, dan sampelnya ialah peserta didik kelas V. Metode penelitian yang digunakan dalam riset ini yakni penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian yaitu penelitian eksperimen semu (quasi experiment), metode ini dipilih untuk mengidentifikasi hubungan antara pembelajaran kooperatif tipe make a match dan motivasi belajar peserta didik. Data terkait pengalaman pembelajaran kooperatif tipe make a match dan motivasi belajar peserta didik dikumpulkan dengan menggunakan intrument kuesioner, yang disusun dengan menggunakan skala likert, teknik analisis data menggunakan analisis dektifptif dan inferensial. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa Pembelajaran kooperatif tipe make a match 5% pada kategori rendah, 24% pada Kategoris sedang dan 6% pada kategori tinggi, sehingga dapat disimpulkan bahwa rerata Pembelajaran kooperatif tipe make a match berada pada kategori sedang. Adapun motivasi belajar peserta didik 5% pada kategori rendah, 23% pada Kategoris sedang dan 7% pada kategori tinggi, sehingga dapat disimpulkan bahwa rerata Motivasi Belajar Peserta Didik berada pada kategori sedang. Berdasarkan outpus SPSS pada tabel 7 Coefficientsa diketahui nilai signifikansi (sig.) sebesar 0,157 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 diterima dan Ha ditolak, yang berarti bahwa “Tidak Ada Pengaruh Model Kooperatif Tipe Make a Match (X) terhadap Motivasi Belajar (Y)”. Dari hasil analisis diketahui nilai R Square sebesar 0,060. Nilai ini mengandung arti bahwa pengaruh Model kooperatif tipe make a match (X) terhadap Motivasi belajar (Y) adalah sebesar 6,0 % sedangkan 94,0 % motivasi belajar dipengaruhi oleh variabel yang lain yang tidak diteliti.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

sakola

Publisher

Subject

Astronomy Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Mathematics

Description

SAKOLA: Journal of Sains Cooperative Learning and Law dengan nomor ISSN terdaftar 3046-787X (Cetak - Print) dan 3046-7179 (Online - Elektronik) adalah jurnal akses terbuka ilmiah yang diterbitkan oleh CV Rayyan Dwi Bharata. SAKOLA: Journal of Sains Cooperative Learning and Law bertujuan untuk ...