Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kerjasama antara guru dan orang tua terhadap motivasi belajar siswa kelas V SDN 83 Pekanbaru. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Sampel penelitian terdiri dari 84 siswa kelas V. Data dikumpulkan menggunakan angket kerja sama guru dan orang tua serta angket motivasi belajar siswa. Instrumen penelitian diuji validitas dan reliabilitasnya menggunakan SPSS 22. Hasil uji validitas menunjukkan bahwa semua item dalam angket dinyatakan valid, sedangkan uji reliabilitas menunjukkan nilai Cronbach’s Alpha sebesar 0.799 untuk angket kerja sama dan 0.884 untuk angket motivasi belajar, yang berarti keduanya reliabel. Uji normalitas dan homogenitas data menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dan homogen. Hasil uji hipotesis menggunakan uji t menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara kerjasama guru dan orang tua terhadap motivasi belajar siswa dengan nilai signifikansi sebesar 0.000 (0.05). Penelitian ini menegaskan bahwa kerjasama antara guru dan orang tua berperan penting dalam meningkatkan motivasi belajar siswa.
Copyrights © 2024