Jurnal Kemitraan Responsif untuk Aksi Inovatif dan Pengabdian Masyarakat
Volume 1 Issue No. 2: January 2024

Optimalisasi Pelaksanaan Coaching Pengawas dalam Program Sekolah Penggerak di Sekolah Dasar

Asriadi (Universitas Negeri Makassar)
Andika Isma (Universitas Negeri Makassar)
Rosidah (Universitas Negeri Makassar)
Asham bin Jamaluddin (Universitas Negeri Makassar)
Dary Mochamad Rifqie (Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2024

Abstract

Program Sekolah Penggerak, saat memasuki tahun ketika menuju tahun keempat, telah mengimplementasikan sistem estafet coaching dari instruktur ahli kepada pengawas sekolah. Oleh karena itu, diperlukan coaching pengawas sekolah untuk mengevaluasi pelaksanaan dan meningkatkan kompetensi mereka. Metode coaching meliputi persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi kegiatan coaching. Hasilnya menunjukkan bahwa pengawas sekolah belum konsisten dalam menjalankan kegiatan coaching sesuai jadwal yang ditetapkan, dengan temuan bahwa pemahaman mereka tentang coaching berbeda dengan konsep sebenarnya. Pertemuan antara pengawas sekolah dan kepala sekolah lebih cenderung menjadi sesi fasilitasi atau mentoring yang didominasi oleh pemberian saran atau solusi, bukan coaching. Namun, melalui pendalaman kembali konsep dan kompetensi coaching, pemahaman peserta meningkat, dan mereka berkomitmen untuk melaksanakan coaching kepada kepala sekolah dalam Program Sekolah Penggerak

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

KREATIVA

Publisher

Subject

Humanities Environmental Science Social Sciences

Description

This journal publishes research articles on various innovation education that are interesting and have an impact on the development of education. The journal publishes articles on interdisciplinary content and cross-field dimensions related to education from various cultural perspectives. The ...