Pendidikan Al-Qur'an merupakan aspek krusial dalam membentuk generasi yang berakhlak sesuai dengan ajaran Al-Qur'an. Penelitian ini dilakukan di SDN 2 Lamekongga untuk mengevaluasi dampak pendidikan Al-Qur'an terhadap pembentukan akhlak siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus dan fenomenologi, yang mencakup wawancara, kuesioner, dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas siswa berusia 10-15 tahun yang berpartisipasi dalam pendidikan Al-Qur'an mengalami peningkatan pemahaman tentang nilai-nilai akhlak Islami seperti kejujuran, kesabaran, dan rasa hormat. Siswa menunjukkan perubahan positif dalam perilaku mereka, baik di rumah maupun di sekolah. Metode pengajaran yang melibatkan hafalan, pemahaman tafsir, dan praktik langsung terbukti efektif dalam pembentukan akhlak, sedangkan lingkungan pendidikan yang mendukung serta dukungan keluarga berkontribusi besar terhadap keberhasilan pendidikan. Penelitian ini merekomendasikan pengembangan kurikulum yang mencakup metode pengajaran yang bervariasi, peningkatan keterlibatan orang tua, dan pelatihan untuk pendidik. Kesimpulannya, pendidikan Al-Qur'an, jika diterapkan secara konsisten dan efektif, dapat membentuk generasi muda yang berakhlak luhur dan berpengetahuan spiritual yang mendalam.
Copyrights © 2024