Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara
Vol. 1 No. 4 (2024): AGUSTUS - SEPTEMBER 2024

STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM UNTUK PESERTA DIDIK PENYANDANG DISABILITAS SENSORIK NETRA DI SLB NEGERI SEDURI – MOJOKERTO

Ulin Nuha (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Sep 2024

Abstract

Dalam proses kegiatan belajar dan mengajar guru harus memiliki kemampuan seperti kreativitas dalam menentukan strategi pembelajaran, media, teknik dan juga metode pembelajaran. Pemilihan strategi pembelajaran yang tepat dapat menciptakan suasana pembelajaran lebih menyenangkan. Penerapan strategi pembelajaran yang variatif dan inovatif akan menumbuhkan minat belajar para peserta didik. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui strategi pembelajaran pendidikan agama islam yang diterapkan oleh guru kepada peserta didik penyandang disabilitas netra di SLB Negeri Seduri – Mojokerto. Penelitian ini peneliti menggunakan jenis metode penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Penelitian ini berfokus pada strategi pembelajaran pendidikan agama islam untuk peserta didik penyandang disabilitas netra di SLB Negeri Seduri – Mojokerto. Pengumpulan data peneliti menggunakan teknik observasi, wawancara, dan juga dokumentasi. Kemudian analisis data yang digunakan oleh peneliti yakni reduksi data, penyajian data, kemudian verifikasi data. Untuk teknik uji keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi sumber. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwasannya strategi pembelajaran pendidikan agama islam yang diterapkan oleh guru kepada peserta didik penyandang disabilitas netra di SLB Negeri Seduri – Mojokerto adalah strategi pembelajaran kontekstual berimplikasi pada segi kognitif, individualisasi berimplikasi pada segi afektif, dan demontrasi berimplikasi pada segi psikomotorik. Penerapan dari masing-masing strategi pembelajaran dalam mata pelajaran pendidikan agama islam tetap menyesuaikan dengan kebutuhan dari peserta didik sehingga peserta didik dapat memahami pembelajaran pendidikan agama islam dengan baik, dan juga dapat melakukan pembiasaan untuk melaksanakan ibadah, menghafal do’a sehari-hari dan menghafal surah-surah pendek.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jicn

Publisher

Subject

Other

Description

Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara (JICN) adalah Jurnal Multi Disiplin Semua Bidang Ilmu sebuah publikasi yang melayani sebagai wadah bagi penelitian interdisipliner dan kolaboratif di berbagai bidang ilmu. Jurnal ini memperoleh keunggulan dengan mencakup berbagai disiplin ilmu, seperti ilmu ...