Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara
Vol. 1 No. 4 (2024): AGUSTUS - SEPTEMBER 2024

Pengaruh Media Pop-up book Terhadap Keterampilan Membaca Siswa Kelas II SDN Kunciran 3 Kota Tangerang

Nabilla Putri Apriola (Prodi PGSD, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Tangerang)
Sumiyani Sumiyani (Prodi PGSD, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Tangerang)
Asih Rosnaningsih (Prodi PGSD, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Tangerang)



Article Info

Publish Date
18 Sep 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh penggunaan media pop up book terhadap keterampilan membaca siswa kelas II. Penelitian ini menggunakan metode penelitian quasi experiment dengan desai penelitian Non Equivalent Control Group Design. Subjek populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II SDN Kunciran 03 Kota Tangerang yang berjumlah 60 siswa. Peneliti menggunakan sampel dua kelas yaitu kelas II A sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 30 siswa, dan kelas II B sebagai kelas kontrol yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan soal tes yang terdiri dari 5 butir soal yang telah diuji ke validannya. Untuk pengujian hipotesis, penelitian menggunakan uji non parametric atau uji mann whitney (uji u) dikarenakan salah satu data dari kelas kontrol tidak berdistribusi normal atau nilai sig. < 0,05. output yang didapatkan adalah uji mann whitney yang telah diuji diketahui nilai Asymp. Sig (2-tailed) sebesar 0,00 < 0,05 sehingga hipotesis dalam penelitian ini diterima, dengan begitu dikatakan bahwa ada perbedaan keterampilan membaca permulaan siswa kelas eksperimen dan siswa kelas kontrol, maka peneliti menyimpulkan bahwa terdapat perbedaan signifikan bagi siswa yang diberikan media pop up book dengan keterampilan membaca siswa kelas II SDN Kunciran 03 Kota Tangerang.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jicn

Publisher

Subject

Other

Description

Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara (JICN) adalah Jurnal Multi Disiplin Semua Bidang Ilmu sebuah publikasi yang melayani sebagai wadah bagi penelitian interdisipliner dan kolaboratif di berbagai bidang ilmu. Jurnal ini memperoleh keunggulan dengan mencakup berbagai disiplin ilmu, seperti ilmu ...