Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh penggunaan media pop up book terhadap keterampilan membaca siswa kelas II. Penelitian ini menggunakan metode penelitian quasi experiment dengan desai penelitian Non Equivalent Control Group Design. Subjek populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II SDN Kunciran 03 Kota Tangerang yang berjumlah 60 siswa. Peneliti menggunakan sampel dua kelas yaitu kelas II A sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 30 siswa, dan kelas II B sebagai kelas kontrol yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan soal tes yang terdiri dari 5 butir soal yang telah diuji ke validannya. Untuk pengujian hipotesis, penelitian menggunakan uji non parametric atau uji mann whitney (uji u) dikarenakan salah satu data dari kelas kontrol tidak berdistribusi normal atau nilai sig. < 0,05. output yang didapatkan adalah uji mann whitney yang telah diuji diketahui nilai Asymp. Sig (2-tailed) sebesar 0,00 < 0,05 sehingga hipotesis dalam penelitian ini diterima, dengan begitu dikatakan bahwa ada perbedaan keterampilan membaca permulaan siswa kelas eksperimen dan siswa kelas kontrol, maka peneliti menyimpulkan bahwa terdapat perbedaan signifikan bagi siswa yang diberikan media pop up book dengan keterampilan membaca siswa kelas II SDN Kunciran 03 Kota Tangerang.
Copyrights © 2024