Penelitian ini berfokus pada model kurikulum berbasis humanistik dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Islam Terpadu Permata Mojokerto, model kurikulum ini memberikan ruang bagi peserta didik untuk mengembangkan potensi secara utuh. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis konsep pengkombinasian antara kurikulum nasional dan kurikulum JSIT, mengetahui dan menganalisis model kurikulum berbasis humanistik dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam, mengetahui dan menganalisis faktor pendukung dan penghambat model kurikulum berbasis humanistic dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Hasil temuan dari penelitian ini yakni konsep pengkombinasian antara kurikulum nasional dan kurikulum JSIT digunakan untuk mengintegrasikan nilai-nilai Islam dengan kurikulum nasional, mencapai tujuan pendidikan yang komprehensif. Model kurikulum berbasis humanistik dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam menempatkan peserta didik sebagai pusat pembelajaran, fokus pada pengembangan potensi dan melibatkan peserta didik secara aktif dalam pembelajaran. Faktor penghambat Model kurikulum berbasis humanistik dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam ialah kondisi emosional guru dan peserta didik serta, perbedaan eksperiens peserta didik dan latar belakang pendidikan orang tua. Faktor pendukung meliputi fasilitas dan lingkungan sekolah yang mendukung, kurikulum sekolah yang mendukung model kurikulum berbasis humanistik serta kompetensi para guru.
Copyrights © 2024