Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara
Vol. 1 No. 4 (2024): AGUSTUS - SEPTEMBER 2024

PENINGKATAN MINAT BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI MATERI PENDIDIKAN PANCASILA KELAS IV SDN DUKUH KUPANG II /489 SURABAYA

Ayu Novita Sari (Unknown)
Bekti Wirawati (Unknown)
Darsono (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Sep 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas IV di SDN Dukuh Kupang II Surabaya dengan menggunakan pendekatan pembelajaran berdifrensiasi materi Identitas Budaya Masyarakat. Bentuk penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dan dilakukan dua tahapan (2 siklus). Subjek penelitian yang digunakan adalah peserta didik kelas IV yang berjumlah 30 siswa. Dalam Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus dan dimulai dengan kegiatan prasiklus. Pada setiap siklus dilakukan perencanaan, pelaksanaan, observasi, evaluai, dan refleksi. Hasil yang diperoleh Pada siklus I menunjukkan persentase sebesar 85,43%, sedangkan pada siklus II mengalami penigkatan yaitu sebesar 92,32%. Sehingga penerapan pembelajaran berdiferensiasi berhasil meningkatkan minat belajar siswa kelas IV di SDN Dukuh Kupang II/489 Surabaya.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jicn

Publisher

Subject

Other

Description

Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara (JICN) adalah Jurnal Multi Disiplin Semua Bidang Ilmu sebuah publikasi yang melayani sebagai wadah bagi penelitian interdisipliner dan kolaboratif di berbagai bidang ilmu. Jurnal ini memperoleh keunggulan dengan mencakup berbagai disiplin ilmu, seperti ilmu ...