Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas IV di SDN Dukuh Kupang II Surabaya dengan menggunakan pendekatan pembelajaran berdifrensiasi materi Identitas Budaya Masyarakat. Bentuk penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dan dilakukan dua tahapan (2 siklus). Subjek penelitian yang digunakan adalah peserta didik kelas IV yang berjumlah 30 siswa. Dalam Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus dan dimulai dengan kegiatan prasiklus. Pada setiap siklus dilakukan perencanaan, pelaksanaan, observasi, evaluai, dan refleksi. Hasil yang diperoleh Pada siklus I menunjukkan persentase sebesar 85,43%, sedangkan pada siklus II mengalami penigkatan yaitu sebesar 92,32%. Sehingga penerapan pembelajaran berdiferensiasi berhasil meningkatkan minat belajar siswa kelas IV di SDN Dukuh Kupang II/489 Surabaya.
Copyrights © 2024