Masalah utama dari penelitian ini adalah bagaimana faktor produk, harga, promosi, distribusi, orang, proses, dan lingkungan fisik mempengaruhi keputusan pembelian online (Studi kasus pembeli online, Marketplace Facebook.co.id di Desa Makbalim, Kecamatan Mayamuk, Kabupaten Sorong ). Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui pengaruh produk, harga, promosi, distribusi, orang, proses, dan lingkungan fisik secara parsial terhadap keputusan pembelian online. 2) Mengetahui pengaruh produk, harga, promosi, distribusi, orang, proses dan lingkungan fisik secara bersamaan terhadap keputusan pembelian online. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan penelitian kuantitatif yang hasilnya dihitung dengan menggunakan teknik analisis data, uji asumsi klasik, regresi linier berganda dan pengujian hipotesis dengan bantuan program SPSS v.28. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian asosiatif. Sampel sebanyak 80 responden dipilih melalui teknik non-probability sampling dengan menggunakan metode kuesioner (Questionary). Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa faktor product, price, distribution, dan people secara parsial berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap keputusan pembelian online, sedangkan faktor promosi, proses dan lingkungan fisik berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian online. . Faktor yang paling berpengaruh dan signifikan dapat dilihat dari nilai koefisien determinasi parsial yaitu faktor promosi. Faktor produk, harga, promosi, distribusi, orang, proses, dan lingkungan fisik secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian online. Adapun besarnya kontribusi variabel independen terhadap variabel dependen atau Keputusan Pembelian Online diketahui dari nilai koefisien determinasi R yaitu sebesar 0,320 atau 32%. Implikasi dari penelitian ini adalah agar perusahaan yang memasarkan produknya secara online memperhatikan faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen. Sehingga keputusan pembelian secara online dapat meningkat.
Copyrights © 2023