Jurnal Inovasi, Evaluasi dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP)
Vol 3 No 2 (2023): Jurnal Inovasi, Evaluasi dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP)

Project Based Learning dalam Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa

Nurhamidah, Siti (Unknown)
Nurachadijat, Kun (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Dec 2023

Abstract

Kemandirian belajar diperlukan bagi siswa dalam mendukung keberhasilan belajarnya. Tidak semua siswa yang memiliki kemandirian belajar yang tinggi, untuk menumbuhkan kemandirian belajar pada siswa diperlukan suatu model pembelajaran yang inovatif. Dari begitu banyak model pembelajaran inovatif, salah satu yang tepat untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa adalah pembelajaran berbasis proyek (PJBL), karena lebih menekankan pada pendekatan kontekstual melalui kegiatan-kegiatan yang kompleks, melibatkan siswa dalam melakukan investigasi pemecahan masalah dan kegiatan bermakna, memberi kesempatan bekerja secara mandiri dalam mengkontruksi pengetahuan, serta menghasikan produk nyata. tujuan dari penelitan ini yaitu mendeskripsikan karakter kemandirian belajar siswa menggunakan pembelajaran berbasis proyek. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan metode wawancara, dapat disimpulkan bahwa kemandirian belajar siswa yang memperoleh pembelajaran dengan project based learning lebih baik daripada yang memperoleh pembelajaran dengan metode ekspositori, siswa memiliki pandangan yang baik tehadap pembelajaran dengan project based learning.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jiepp

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences

Description

JIEPP-Jurnal Inovasi, Evaluasi dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP) dengan Focus & Scope pada bidang: Inovasi Pembelajaran, Implementasi Teori & Manajemen Pendidikan, Evaluasi Pembelajaran, Pengembangan Teknik, Model & Perangkat Pembelajaran, Teknologi Pendidikan, Evaluasi dan Pengembangan ...