Jurnal Inovasi, Evaluasi dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP)
Vol 4 No 1 (2024): Jurnal Inovasi, Evaluasi dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP)

Peningkatan Hasil Belajar melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning

Widyasari, Devi (Unknown)
Miyono, Noor (Unknown)
Saputro, Susilo Adi (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Apr 2024

Abstract

Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (Ppkn) adalah dasar diperlukan bagi seorang siswa untuk pembentukan pribadinya Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan Siswa kelas V (PPKN) pada materi keragaman di SDN Pandeanlamper 03 dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah. Penelitian ini adalah kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan berupa preexperimental dengan sistem one group pretest posttest design. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 28 peserta didik dengan jumlah 15 siswa perempuan dan 13 siswa laki-laki. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampel jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Teknik analisis data berupa uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil yang didapatkan yaitu nilai pretest memperoleh nilai rata-rata 56,59 dengan nilai dan nilai postest 71,07. Berdasarkan hasil uji t-test nilai sig (2-tailed) sebesar 0.000 < 0.05 artinya H0 ditolak dan H1 diterima. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar kelas V dengan model pembelajaran berbasis masalah.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jiepp

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences

Description

JIEPP-Jurnal Inovasi, Evaluasi dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP) dengan Focus & Scope pada bidang: Inovasi Pembelajaran, Implementasi Teori & Manajemen Pendidikan, Evaluasi Pembelajaran, Pengembangan Teknik, Model & Perangkat Pembelajaran, Teknologi Pendidikan, Evaluasi dan Pengembangan ...