Kemampuan literasi diperlukan oleh semua pelajar sebagai keahlian esensial. Hampir semua aspek pendidikan tergantung pada kelahiran dan kesadaran terhadap literasi, yang meliputi kemampuan berbahasa seperti mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis. Tujuan dari studi ini ialah untuk mengetahui faktor-faktor yang dapat menyebabkan rendahnya tingkat literasi di antara siswa kelas 2 SDN 162/II Dusun Baru Sipin. Sumber data yang dipergunakan dalam penelitian ini mencakup lima orang siswa kelas 2 yang telah diidentifikasi sebagai siswa dengan tingkat literasi rendah, guru wali kelas 2 dan kepala sekolah. Data yang diperoleh dalam penelitian ini dikumpulkan menggunakan teknik observasi dan wwawancara serta dianalisis menggunakan sebuah pendekatan interaktif yang melibatkan pengumpulan data, redaksi data, penyajian data dan membuat Kesimpulan. Temuan dari penelitian ini menegaskan bahwa sebagian siswa kelas 2 SDN 162/II Dusun Baru Sipin memiliki kemampuan literasi yang rendah disebabkan oleh 2 faktor, yakni faktor internal dan eksternal. Faktor internal mencakup rendahnya motivasi belajar siswa, rendahnya kemampuan intelegensi siswa, serta rendahnya minat belajar siswa. Faktor eksternal mencakup fasilitas dan infrastruktur yang tidak memadai, faktor lingkungan dan kompetensi guru.
Copyrights © 2024