Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture dalam meningkatkan kemampuan hasil belajar IPS siswa di Sekolah Dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi pustaka dengan metode penelitian deskriptif berdasarkan jurnal nasional yang berkaitan dengan menganalisis efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture pada pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa untuk mengetahui efektivitas sebuah metode pembelajaran perlu melakukan perbandingan sebelum dan setelah menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture pada pembelajaran IPS. Dimana pembelajaran kooperatif tipe picture and picture menjadikan siswa lebih aktif dan menyenangkan kemudian pembelajaran kontekstual menghubungkan materi dengan situasi konkret siswa. Model Pembelajaran Kooperatif mampu melatih siswa untuk berpikir logis dan sistematis sehingga dalam pembelajaran yang aktif, menyenangkan, konkret tersebut menjadi salah satu faktor yang menentukan besar gain yang dihasilkan yang juga menentukan besar effect size yang menjadi penentu dasar dalam efektivitas model pembelajaran misalnya pengetahuan dan keterampilan tersebut. Perbedaan gain yang muncul relatif sedang-besar sehingga pembelajaran kooperatif tipe picture and picture cukup efektif digunakan pada pembelajaran IPS di Sekolah Dasar.
Copyrights © 2024