Teams Games Tournament merupakan salah satu model pembelajaran kooperatif yang mudah diterapkan dengan memadukan pembelajaran dan permainan di dalamnya. Tujuan dari penelitain ini untuk mengetahui keefektivan model pembelajaran Teams Games Tournament terhadap hasil belajar kelas II A di SDN Bendungan Semarang. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah Pre-Experimental Design dengan model desain One-Group Pretest-Posttest Design. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, dokumentasi, dan observasi, sedangkan untuk menganalisis datanya menggunakan uji normalitas, uji Paired Sample T-Test, dan uji N-gain. Tahapan penelitian meliputi pretest, hasil belajar, treatmen (model pembelajaran Teams Games Tournament), Posttest, analisis pretest dan posttest, dan peningkatan hasil belajar peserta didik. Data pretest memperoleh nilai signifikan 0,243 dan posttest sebesar 0,093 sehingga data berdistribusi normal. Pada uji Paired Sample T-Test dengan nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000, nilai tersebut lebih kecil dari 0,05 atau 0,000 < 0,05. Serta dilanjutkan dengan perhitungan menggunakan N-gain skor, diperoleh data bahwa sebesar 0,6366 maka hal tersebut dapat dikatagorikan sedang.
Copyrights © 2024