Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk menguji adanya pengaruh kecerdasan emosional terhadap hasil belajar IPAS Kelas V SDN Rejosari 01, Semarang. Penelitian ini bersifat korelasional dengan metode kuantitatif. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik sampling jenuh dengan jumlah sample 26 siswa. Skala kecerdasan emosional dan hasil belajar IPAS digunakan sebagai data penelitian. Diketahui bahwa siswa kelas V SDN Rejosari 01, Semarang 65,38% memiliki kecerdasan emosional pada kategori baik dan 57,7% memiliki hasil belajar IPAS dalam kategori baik. Hasil analisis korelasi Bivariate Pearson, diperoleh angka koefisien korelasi (rhitung = 0,708) dan nilai signifikansi 0,000. Pengujian koefisien regresi linear dapat dilakukan dengan uji t, hasil perhitungan pada diperoleh persamaan regresi linear sederhana Y=17.998+0.844X. Selanjutnya, karena nilai koefisien bernilai plus (+) maka dengan demikian dapat dikatakan bahwa Kecerdasan Emosional (X) berpengaruh positif terhadap hasil belajar IPAS (Y). Dari hasil penelitian yang sudah dilakukan dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh positif antara kecerdasan emosional dengan hasil belajar IPAS siswa kelas V SDN Rejosari 01 Semarang.
Copyrights © 2024