Ainara Journal (Jurnal Penelitian dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan)
Vol. 5 No. 2 (2024): Ainara Journal (Jurnal Penelitian dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan)

Pengaruh Penggunaan Game Puzzle terhadap Hasil Belajar Bahasa Jawa Siswa Kelas 1

Fadliyani, Nur Maulida (Unknown)
Roshayanti, Fenny (Unknown)
Suprihatini, Ganis (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh media game puzzle terhadap hasil belajar Bahasa Jawa pada siswa kelas 1 di SD N Gajahmungkur 04 Semarang. Dilatarbelakangi oleh kesulitan siswa dalam memahami materi tentang dongeng, terutama dalam mengidentifikasi tokoh dan wataknya, yang tercermin dari rendahnya nilai pretest yang hanya mencapai 37% siswa di atas KKM. Dalam konteks ini, penting bagi guru untuk menggunakan media yang dapat membangkitkan minat belajar siswa, yang pada akhirnya akan memengaruhi hasil belajar mereka. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif menggunakan desain one-group pretest-posttest. Data dianalisis melalui uji normalitas dan uji paired sample t tes. Hasil penelitian menunjukkan perbedaan yang signifikan antara hasil belajar pretest dan posttest setelah pembelajaran menggunakan media puzzle, dengan nilai signifikansi 0,001 < 0,05. Dari hasil ini, disimpulkan bahwa penggunaan media puzzle berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar siswa dalam memahami materi cerita dongeng dalam pembelajaran Bahasa Jawa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ainj

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences

Description

Ainara Journal (Jurnal Penelitian dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), covers research and study in the field of education and culture, such as, education management, education best practice, curriculum, education assessment, education policy, education technology, language, archeology, educatioan etc . ...