Ainara Journal (Jurnal Penelitian dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan)
Vol. 5 No. 3 (2024): Ainara Journal (Jurnal Penelitian dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan)

Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa: Studi Kasus pada Mata Pelajaran IPAS di Sekolah Dasar

Fadillah, Destya Nuryandara (Unknown)
Suharyanto, Suharyanto (Unknown)
Untari, Puji Rahayu (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Sep 2024

Abstract

Rendahnya tingkat keaktifan peserta didik di kelas V sekolah dasar menjadi latar belakang penelitian ini. Tujuan dari penelitian ini yaitu meningkatkan keaktifan belajar peserta didik melalui model kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) pada mata pelajaran IPAS. Penelitian ini dilakukan dalam bentuk. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan mengadopsi model yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc Taggart yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas V SDN Ngadirejo 03 yang berjumlah 33. Penelitian ini menggunakan instrument penelitian berupa kuisioner dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keaktifan belajar IPAS di siklus I sejumlah 30,30% peserta didik aktif, 39,40% peserta didik sangat aktif dan sisanya 30,30% masih pasif. Di siklus II menunjukkan hasil sebesar 33,33% peserta didik aktif, 48,48 % peserta didik sangat aktif dan sisanya 18,18% masih pasif. Kemudian pada siklus II terjadi peningkatan yang signifikan pada rata-rata skor nilai yaitu sebesar 80,30 dengan kriteria peserta didik sangat aktif. Maka dapat disimpulkan bahwa melalui model kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan keaktifan belajar peserta didik kelas V SDN Ngadirejo 03.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ainj

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences

Description

Ainara Journal (Jurnal Penelitian dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), covers research and study in the field of education and culture, such as, education management, education best practice, curriculum, education assessment, education policy, education technology, language, archeology, educatioan etc . ...