Ainara Journal (Jurnal Penelitian dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan)
Vol. 5 No. 3 (2024): Ainara Journal (Jurnal Penelitian dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan)

Peran Guru dalam Mengembangkan Karakter Kerja di Lingkungan Sekolah

Muhammad Fadlan Rizkiyana (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Indonesia)
Imelda Syintha Dewy Suhardi (Universitas Nusa Cendana, Indonesia)
Ratna Sari Dewi (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Indonesia)



Article Info

Publish Date
05 Sep 2024

Abstract

Penelitian ini membahas peran guru dalam mengembangkan karakter kerja keras di lingkungan sekolah. dan  bertujuan untuk mengetahui bagaimana guru dapat meningkatkan motivasi siswa dan meningkatkan kualitas pendidikan melalui pengembangan karakter kerja keras. Penelitian ini menggunakan metode metode kualiitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, partisipan, wawancara mendalam, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru memiliki peran penting dalam mengembangkan karakter kerja keras siswa melalui berbagai strategi; Guru dapat menanamkan nilai-nilai kerja keras kepada siswa melalui contoh dan keteladanan, serta melalui pembelajaran di kelas dan kegiatan ekstrakurikuler, Guru dapat memberikan motivasi dan dorongan kepada siswa untuk bekerja keras dengan menciptakan lingkungan belajar yang positif dan kondusif, serta dengan memberikan penghargaan atas prestasi siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ainj

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences

Description

Ainara Journal (Jurnal Penelitian dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), covers research and study in the field of education and culture, such as, education management, education best practice, curriculum, education assessment, education policy, education technology, language, archeology, educatioan etc . ...