Ainara Journal (Jurnal Penelitian dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan)
Vol. 5 No. 3 (2024): Ainara Journal (Jurnal Penelitian dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan)

PkM: Pelatihan Pembacaan Kritis terhadap Cerita Rakyat bagi Guru Bahasa Inggris Sekolah Menengah Atas

Susanto, Susanto (Unknown)
Haryanto, M. (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Sep 2024

Abstract

Pengajaran nilai-nilai moral melalui cerita rakyat membantu membentuk karakter dan perilaku positif pada anak-anak. Namun, perlu pendekatan kritis dalam pembelajaran cerita rakyat agar siswa dapat memahami konteks sosial, budaya, dan historis di mana cerita-cerita tersebut muncul. Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pelatihan kepada guru Bahasa Inggris SMA di MGMP Bahasa Inggris SMA Kabupaten Pekalongan untuk mengimplementasikan pembelajaran cerita rakyat dengan pendekatan pembacaan kritis, kontekstual, dan interaktif. pelaksanaan pengabdian masyarakat ini mengadopsi langkah-langkah action research yang terdiri dari 4 (empat) tahapan, yaitu: perencanaan, tindakan, observasi dan evaluasi, dan refleksi. Dari hasil pengabdian masayarakat menunjukkan pembacaan cerita rakyat guru masih secara denotatif belum mencapai pembacaan simbolik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ainj

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences

Description

Ainara Journal (Jurnal Penelitian dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), covers research and study in the field of education and culture, such as, education management, education best practice, curriculum, education assessment, education policy, education technology, language, archeology, educatioan etc . ...