GANESHA: Jurnal Pengabdian Masyarakat
Vol. 4 No. 1 (2024): Januari 2024

PELATIHAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK SELF REGULATED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI BELAJAR SISWA PADA GURU BK SMP SE-KOTA PALU

Ridwan Syahran (Unknown)
, Mardi Lestari (Unknown)
Munifah Munifah (Unknown)
Azam Arifyadi (Unknown)
Dian Fitriani (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Jan 2024

Abstract

Permasalahan umum artikel pengabdian ini yakni; 1) Belum optimalnya proses pemberian layanan bimbingan pribadi-sosial, dan belajar pada siswa di SMP se-Kota Palu; 2) Guru bimbingan dan konseling SMP se-Kota Palu yang belum terbiasa memberikan layanan bimbingan kelompok teknik self regulated learning untuk meningkatkan partisipasi belajar siswa. Tujuan pengabdian ini guna meningkatkan keterampilan dan kemampuan guru bimbingan dan konseling SMP di Kota Palu. Subjek pengabdian ini adalah guru BK SMP yang tergabung dalam Musyawarah Guru Bimbingan dan Konseling (MGBK) se-Kota PALU. Tahapan pelaksanaan pengabdian ini mengikuti tahapan pelaksanaan layanan bimbingan kelompok. Hasil capaian pengabdian ini ialah guru dapat menerapkan proses pemberian layanan bimbingan pribadi-sosial, dan belajar pada siswa dengan memaksimalkan layanan bimbingan kelompok teknik self regulated learning.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ganesha

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Humanities Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Education Engineering Social Sciences

Description

Publikasi jurnal ini bertujuan untuk menyebarluaskan pemikiran atau gagasan konseptual serta hasil penelitian yang telah dicapai di bidang pengabdian masyarakat. Jurnal Ganesha dipublikasikan 2 kali dalam setahun yaitu pada bulan Januari dan Juli. Junal Ganesha secara khusus menitikberatkan pada ...