Di era teknologi saat ini, internet telah memegang peranan penting dalam segala aspek kehidupan manusia. Hal ini juga yang mendorong berbagai aplikasi mobile menjadi berkembang dengan sangat cepat. Kredivo adalah solusi kredit instan yang memberikan kemudahan untuk beli sekarang dan bayar nanti dalam tenor 1 bulan atau tenor cicilan 3 bulan dengan bunga 0%. Aplikasi ini juga dikenal dengan kartu kredit digital dimana dengan melalui aplikasi kredivo tersebut peminjam dapat menggunakannya untuk belanja cicilan secara online ataupun offline di lebih dari 4000 yang telah menjadi partner kredivo. Selain itu kredivo tidak hanya digunakan untuk keperluan berbelanja saja, peminjam juga dapat mencairkan dalam bentuk uang tunai. Namun, tidak semua penggunanya merasa puas dengan pelayanan aplikasi tersebut. dan terdapat banyak komentar yang disampaikan melalui fitur ulasan aplikasi kredivo pada google play store. Oleh sebab itu penelitian ini penulis mencoba melakukan analisis sentimen pengguna aplikasi kredivo menggunakan algoritma k-nearest neighbord. Tujuan dari penelitian ini untuk mengtahui nilai akurasi yang dihasilkan oleh algoritma k-nearest neighbor. Dari pengujian terhadap 1880 data menggunakan model cross validation didapat bahwa riview yang mengandung sentimen positif sebanyak 62,55% dan mengandung sentimen negatif sebanyak 37,45%. Evaluasi hasil klasifikasi dengan pengujian confution matrix diperoleh nilai accurasy 79,36% , dengan nilai recall 83,08%, precision 72,15%, dan recall(Specificity) 73,15%. sehingga dapat disimpulkan bahwa algoritma k-nearest neighbord dapat mengklasifikasi sentimen dengan baik menggunakan data ulasan pada pengguna aplikasi kredivo.
Copyrights © 2024