Jurnal Global Ilmiah
Vol. 1 No. 11 (2024): Jurnal Global Ilmiah

Efektivitas Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Power Point terhadap Hasil Belajar IPA Kelas IV SDN 2 Kerandon Kabupaten Cirebon

Sefina, Sefina (Unknown)
Nur Jannah, Widia (Unknown)
Septiany Rahayu, Fanny (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar siswa yang rendah diakibatkan oleh kurang menariknya proses pembelajaran sehingga menimbulkan permasalahan Hasil Belajar siswa yang rendah. Alasan digunakannya Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Power Point ini dapat memberikan proses belajar menjadi lebih efektif, interaktif, dan menyenangkan dengan menampilkan sebuah media interaktif  melalui layar Projector. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui seberapa tinggi hasil belajar IPA sebelum menerapkan Media Interaktif Power Point; 2) Untuk mengetahui seberapa tinggi hasil belajar IPA setelah menerapkan media interaktif Power Point; 3) Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar sebelum dan sesudah menerapkan media interaktif Power Point. Rancangan dalam penelitian ini, menggunakan pendekatan kuantitatif dan menggunakan metode eksperimen. Desain penelitian ini adalah  Pre-Eksperimental Design dengan metode One Group Pre-Test dan Post-Test Design. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas IV SDN 2 Kerandon yang berjumlah 25 siswa. Hasil penelitian ini adalah 1) hasil belajar siswa sebelum menggunakan Media Pembelajaran interaktif power point adalah sebesar 80% 2) Hasil belajar siswa setelah menggunakan media pembelajaran interaktif Power Point adalah sebesar 87% 3) terlihat dari presentase antara Pre-Test dan Post-Test terdapat perbedaan dengan selisih sebesar 7%. Dari hasil wilcoxon diketahui nilai Asymp.Sig.(2-tailed) bernilai 0.021. Karena nilai signifikansi 0,021 lebih kecil dari 0,05 maka dapat dinyatakan bahwa “Ha diterima” berarti terdapat perbedaan yang signifikansi antara Hasil Belajar untuk Pre-Test dan Post-Test. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatan Hasil Belajar Siswa setelah menerapkan Media Pembelajaran Interaktif berbasis Power Point. Dengan demikian, Media Pembelajaran Interaktif berbasis Power Point dinyatakan efektif digunakan untuk meningkatkan Hasil Belajar IPA di kelas IV SDN 2 Kerandon Kecamatan Talun.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ji

Publisher

Subject

Chemical Engineering, Chemistry & Bioengineering Economics, Econometrics & Finance Environmental Science Medicine & Pharmacology Social Sciences

Description

Jurnal Global Ilmiah merupakan jurnal ilmiah dalam bentuk penelitian dan dapat diakses secara terbuka. Jurnal ini diterbitkan setiap bulan oleh International Journal Labs. Jurnal Global Ilmiah menyediakan sarana untuk diskusi berkelanjutan tentang isu-isu relevan yang termasuk dalam fokus dan ruang ...