Pendidikan adalah sebuah proses dimana individu mendapatkan pengetahuan, keterampilan, nilai-nilai, dan pemahaman yang diperlukan untuk perkembangan baik secara pribadi maupun sosial di dalam masyarakat. Ini adalah suatu perjalanan yang memungkinkan individu untuk berkembang menjadi pribadi yang lebih baik, serta memberikan kontribusi signifikan bagi lingkungan sekitarnya. Penelitian ini bertujuan untuk menggali peran penting guru dalam meningkatkan pendidikan karakter pada anak usia dini. Melalui tinjauan literatur, penelitian ini menyajikan beberapa aspek yang mempengaruhi peran guru, termasuk metode pembelajaran yang digunakan, pengembangan kurikulum, serta hubungan interpersonal antara guru dan peserta didik. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih baik tentang peran guru dalam karakter kedisiplinan dan memberikan panduan bagi pembuat kebijakan dan praktisi pendidikan dalam memperkuat pendidikan karakter pada anak usia dini dimasa yang akan datang. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, simpulan umum dari penelitian ini adalah guru memiliki peran yang sangat penting dalam meningkatkan pendidikan karakter yang ditinjau pada kedisiplinan anak di KB. Baiturrohiem, guru dapat menjadi teladan dalam kedisiplinan dengan menunjukkan sikap yang konsisten, teratur, dan bertanggung jawab kepada anak-anak, guru membantu anak-anak memahami dan mengikuti kegiatan rutinitas harian, melalui bimbingan yang lembut dan positif, guru bekerja sama dengan orang tua untuk menciptakan konsistensi dalam pengajaran kedisiplinan disekolah dan di rumah.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024