Mutiara: Multidiciplinary Scientifict Journal
Vol. 2 No. 9 (2024): Multidiciplinary Scientifict Journal

Implementasi Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) dengan Modul Literasi dan Numerasi

Diana, Diana (Unknown)
Herawati, Herawati (Unknown)
Sari Rahayu, Tantri (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2024

Abstract

Pembelajaran Jarak Jauh merupakan alternatif yang dilaksanakan ketika pandemi. Penambahan sumber belajar diperlukan untuk peningkatan hasil belajar pada masa pandemi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan dan hambatan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) dengan modul literasi dan numerasi di Sekolah Dasar Swasta Ampera. Adapun permasalahan penelitian ini adalah penerapan LKS Tematik dan Modul Literasi dan Numerasi untuk pembelajaran saat pandemi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif dan pendekatan penelitian studi khusus (case study). Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan hasil belajar siswa. Pengumpulan data diambil melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini meliputi tiga subtansi. Pertama perencanaan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) yang dipersiapkan guru cukup baik, Seperti memilih aplikasi pembelajaran, sumber belajar dan membuat jadwal pembelajaran sesuai dengan kebutuan. Kedua pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) dengan modul literasi dan numerasi yang dilaksanakan SDS Ampera terlaksana cukup baik sesuai dengan yang telah dirancang. Ketiga hambatan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) dengan modul literasi dan numerasi yang dilaksanakan SDS Ampera adalah jadwal kerja orangtua dan jam sekolah anak yang bersamaan, cara mengakses modul, biaya mencetak lembar kerja dan tenaga pendidik. Penelitian ini menegaskan pentingnya strategi perencanaan dan pelaksanaan yang efektif dalam PJJ, serta perlunya dukungan dari orang tua dan pemangku kepentingan untuk mengatasi hambatan yang muncul. Temuan ini dapat menjadi referensi bagi sekolah lain dalam mengimplementasikan PJJ secara efektif.  

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

al

Publisher

Subject

Arts Industrial & Manufacturing Engineering Materials Science & Nanotechnology Mathematics Mechanical Engineering Social Sciences

Description

Mutiara: Multidisciplinary Scientific Journal is a double blind, peer-reviewed and open access academic journal for the fields of Economics and Business, Mathematics and Natural Sciences, Humanities, Social Sciences, Communications, Engineering, Informatics, Agriculture, Fisheries, Forestry, Health ...