Blantika : Multidisciplinary Journal
Vol. 2 No. 11 (2024): Special Issue

Peran Guru dalam Mengembangkan Kemandirian Anak Usia Dini Di Kober Al-Jihad dengan Metode Kualitatif Fenomenologi

Suryani, Nani (Unknown)
Yuminar Priyanti, Nina (Unknown)
Yuntina, Lily (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan atau menguraikan: 1). Untuk mengetahui  Sejauh mana Peran Guru dalam Mengembangkan Kemandirian Anak Usia Dini Di KOBER AL-JIHAD. 2). Peran Guru sebagai pembimbing dan pelatih dalam mengembangkan kemandirian Anak Usia Dini DI KOBER AL-JIHAD. Menggunakaqn  Metode Kualitatif Fenomenologi dengan Metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Sesuai dengan teknis yang dikemukakan oleh Miles dan Huberman, dengan tahapan adalah: Mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan dari semua data yang ada. Penelitian ini menghasilkan: 1). Peran guru sangatlah penting, 2).  Profil kemandirian Anak Usia Dini Di KOBER AL-JIHAD di Kelas B atau Rombel B. Pada umumnya, kemandirian anak sudah berkembang.  Ini dampak dri Peran Guru sebagai Pembimbing dan pelatih, dengan cara menjalin hubungan baik dengan orang tua, memberikan motivasi/positif, reward/penegasan, melakukan pendekatan, mencontohkan berulang ulang sampai anak terbiasa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

bl

Publisher

Subject

Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health

Description

Blantika: Multidisciplinary journal is a double blind peer-reviewed academic journal and open access to social and scientific fields. The journal is publication frequency quarterly (four issues per year) by Publikasiku Academic Solution Blantika: Multidisciplinary journal provides a means for ...