Kemerosotan moral yang terjadi pada guru dan murid di pendidikan abad ke-21 memerlukan integrasi nilai-nilai Islam yang mendalam. Tujuan dari penelitian ini untuk menyelidiki nilai-nilai dalam Al-Qur’an dan Hadis yang berkaitan dengan guru dan murid dalam Pendidikan abad ke-21. Penelitian ini merupakan studi literatur dengan menggunakan metode analisis konten. Penelitian ini menggunakan metode tafsir tematik, yakni mencari makna yang sama dengan topik pembahasan. Guru dan Murid erat kaitannya dengal ilmu, terdapat beberapa ayat-ayat Al-Qur’an yang membahas tentang guru dan murid seperti: Q.S. Ar-Rahman/55 Ayat 1–4 menjelaskan mengenai nilai-nilai kompetensi kepribadian, pengetahuan, pengembangan potensi, serta kemampuan berinteraksi yang harus dimiliki oleh guru. Q.S. Al-Kahfi/18 ayat 66 menjelaskan murid harus bersikap tawadhu dan memposisikan sebagai orang yang membutuhkan ilmu. Q.S An-Najm/53 Ayat 5–6 menjelaskan guru harus memiliki kecerdasan dan keluasan keilmuannya, serta harus berpenampilan meyakinkan. Semua nilai-nilai tersebut harus dipahami secara mendalam sehingga bisa membentuk hubungan antar guru dan murid yang memiliki nilai-nilai keislaman yang kuat.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023