Pendas mahakam : jurnal pendidikan dan pembelajaran Sekolah Dasar
Vol. 8 No. 2 (2023): December

UPAYA GURU SD DALAM MENGATASI LEARNING LOSS DI MASA NORMAL MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN STEM

Arnidha, Yunni (Unknown)
Hendayani, Santi (Unknown)
Nata, Delvia Putri (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2023

Abstract

Learning loss merupakan istilah yang digunakan untuk menyebut terjadinya kemunduran proses akademik yang disebabkan oleh Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan kondisi belajar pasca pembelajaran daring dan upaya yang dilakukan guru kelas VI dalam mengatasi learning loss menggunakan model pembelajaran STEM. Jenis penelitian ini dirancang dalam penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil analisis data yang diperoleh dari penelitian ini adalah terdapat persoalan yang ditemukan pasca pembelajaran daring seperti menurunnya keterampilan akademis literasi dan numerasi, dan kemunduran akademik yang ditandai dengan menurunnya semangat belajar peserta didik. Upaya yang dilakukan guru mengajar menggunakan model pembelajaran STEM berhasil mengatasi learning loss. Hal ini dilihat dari langkah-langkah pembelajaran STEM yang dapat melatih peserta didik berkomunikasi, berkolaborasi, berfikir kritis dan menyelesaikan masalah, serta melatih kreativitas dan inovasi peserta didik. Selain itu model pembelajaran STEM juga dapat meningkatkan literasi sains dan literasi digital peserta didik.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

pendasmahakam

Publisher

Subject

Mathematics Other

Description

Topics of Pendas Mahakam Journal related to aspects of education, especially elementary education, it was related to the Educational Management in Primary Schools, Learning Strategy, Learning Method, Learning Model as well as aspects related to education in general. Determination of the article ...