Pedagogik: Jurnal Pendidikan
Vol. 19 No. 2 (2024): Pedagogik: Jurnal Pendidikan

Pengembangan Program Sosial Emosional pada Lingkungan Rutin dan Integritas untuk Membentuk Profil Pelajar Pancasila Di SDN Pedurungan Kidul 01

Risnawati, Nani (Unknown)
Dwijayanti, Ida (Unknown)
Dewi, Tiyas Purnama Kartika (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Sep 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengembangan program sosial emosional pada lingkungan rutin dan integritas untuk membentuk profil pelajar pancasila di SDN Pedurungan Kidul 01. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek siswa SDN Pedurungan Kidul 01 kelas 1 semester 1. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengembangan program sosial emosional pada lingkungan rutin dan integritas untuk membentuk profil pelajar Pancasila di SDN Pedurungan Kidul 01 adalah 1) Pembiasaan Rutin 2) Pembiasaan spontan 3) Pembiasaan keteladanan 4) Pengondisian yang efektif. Simpulan dari penelitian ini adalah pengembangan program sosial emosional membantu siswa untuk mengembangkan keterampilan sosial dan emosional, pembiasaan rutin dan spontan merupakan dua strategi utama yang dapat diimplementasikan pada program sosial emosional. Dalam pengembangan program sosial emosional membutuhkan keterlibatan semua pihak, yaitu guru, staf sekolah, orangtua, dan komunitas. Penciptaan lingkungan belajar positif dan suportif penting untuk mendukung pengembangan karakter dan nilai-nilai profil pelajar Pancasila siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pedagogik

Publisher

Subject

Education

Description

The publication of Pedagogik: Jurnal Pendidikan certainly participates in disseminating the results of research and review of science and technology development conducted by lecturers and researchers especially from UM Palangkaraya and other universities. This edition contains 5 articles consisting ...